Pengertian Tentang Jumantik

Jumantik yaitu singkatan dari Juru Pemantau Jentik adalah petugas khusus yang berasal dari lingkungan sekitar yang secara sukarela mau bertanggung jawab untuk malakukan pemantauan jentik nyamuk DBD aedes aegypti di wilayahnya serta melakukan pelaporan ke kelurahan secara rutin dan berkesinambungan.

Kegiatan / Tugas Jumantik Dalam Memantau Wilayah :
  1. Mencek tempat penampungan air dan tempat yang dapat tergenang air bersih apakah ada jentik dan apakah sudah tertutup rapat. Untuk tempat air yang sulit dikuras diberi bubuk larvasida seperti abate.
  2. Membasmi keberadaan kain / pakaian yang tergantung di dalam rumah.
  3. Mengecek kolam renang dan kolam ikan agar bebas dari jentik nyamuk.
  4. Menyambangi rumah kosong / tidak berpenghuni untuk cek jentik.
Jumantik harus mendapatkan pelatihan khusus jumantik dan tinggal di dekat wilayah pantau jentik nyamuk dbd. Pemantauan dilakukan satu kali dalam seminggu (biasanya jumat) pada pukul pagi hari. Jika ditemukan jentik nyamuk maka petugas berhak memberi peringatan kepada penghuni / pemilik untuk membersihkan atau menguras agar bersih dari jentik. Jumantik lalu membuat catatan dan laporan yang diperlukan untuk dilaporkan ke kelurahan dan kemudian dari kelurahan dilaporkan ke instansi terkait atau vertikal.

Selain petugas jumantik (juru pemantau jentik), orang yang tinggal di sekitar suatu wilayah wajib juga melakukan pengawasan/pemantauan jentik di wilayahnya (self jumantik) dengan tehnik dasar minimal 3M Plus, yaitu :

1. Menutup
Menutup adalah memberi tutup yang rapat pada tempat air ditampung seperti bak mandi, kendi, toren air, botol air minum dan lain sebagainya.

2. Menguras Menguras adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti kolam renang, bak mandi, ember air, tempat air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

3. Mengubur Mengubur adalah memendam di dalam tanah untuk sampah atau benda yang tidak berguna yang memiliki potensi untuk jadi tempat nyamuk dbd bertelur di dalam tanah.

Plus Kegiatan Pencegahan :
  • Menggunakan obat nyamuk / anti nyamuk.
  • Menggunakan kelambu saat tidur
  • Menanam pohon & binatang yang dapat mengusir/memakan nyamuk dan jentik nyamuk.
  • Menghindari daerah gelap di dalam rumah agar tidak ditempati nyamuk dengan mengatur ventilasi dan pencahayaan.
  • Memberi bubuk larvasida pada tempat air yang sulit dibersihkan.
  • Tidak menggantuk pakaian di dalam rumah serta tidak menggunakan hordeng dan perabot gelap yang bisa jadi sarang nongkrong nyamuk, dll.

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Kang Lintas pada 12.41. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Pengertian Tentang Jumantik

Tinggalkan Komentar

Sedekah tidak harus Nunggu Kaya, kita bantu lingkungan yang terkecil di sekeliling kita, sebelum kita bisa membantu yang besar untuk Indonesia, Bagi warga yang ingin Sedekah lewat kegiatan Sosial Ambulance RW. 02 Papanggo, dapat menghubungi Telp. 021-3292-88-33, Via SMS : 0856-910-90-920 (Sedekahmu 100% kami sampaikan)

Cara membuka PINTU KEMUDAHAN adalah dengan S.E.D.E.K.A.H ->> Bantu kesulitan orang lain dengan hartamu, nanti hidupmu akan dimudahkan

PENGUNJUNG ONLINE

Jumlah Pengunjung

2010 Kang Lintas. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Daerah