Langkah Konkret Intervensi RW Binaan

Penyelenggaraan program pemerintah akan lebih cepat dan tepat sasaran apabila melibatkan Tim Penggerak PKK. Karena, sebagai organisasi kemasyarakatan, Tim Penggerak PKK memiliki kader sampai ke tingkat Dasawisma. Dengan kekuatan yang dimiliki itu TP PKK Provinsi DKI Jakarta berani mengambil inisiatif dan menggagas kegiatan yang fokus pada pemberdayaan keluarga. Visinya, menjadi penggerak pemberdayaan keluarga demi terwujudnya keluarga sejahtera, maju dan mandiri.

Alasannya tepat. Karena, keluarga sejahtera, maju dan mandiri merupakan perwujudan dari kesejahteraan masyarakat yang menjadi tanggungjawab bersama dan demi terwujudnya Jakarta yang nyaman dan sejahtera untuk semua, tutur Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Hj Tatiek Fauzi Bowo.

Sebagai visi Pemprov DKI Jakarta, akan lebih mudah dicapai jika seluruh pemangku kepentingan pada semua tingkatan secara terpadu melakukan perkuatan, pemberdayaan dan intervensi terhadap individu dan keluarga yang masih menemui hambatan dalam mengembangkan potensi dirinya agar mempunyai kemampuan keluar dari faktor penyulit yang dihadapi.

Menurutnya, kelemahan paling menonjol dalam penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat terlihat dari belum terpadunya berbagai intervensi dan upaya perkuatan terhadap sasaran program. Walau sudah banyak intervensi dan upaya perkuatan yang dilakukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta, sektor swasta dan organisasi masyarakat, tetapi hasil yang dicpai belum optimal. Masih terdapat individu dan keluarga yang belum berdaya untuk meningkatkan derajat kesejahteraannya.

Individu yang sehat dan keluarga yang sejahtera sebagai komponen masyarakat menjadi bagian utama mempercepat  masyarakat Jakarta yang sejahtera, ujarnya.

Untuk mempercepat kondisi tersebut, dibutuhkan sinergi dari potensi yang dimiliki dan upaya berkesinambungan dari masing-masing sektor dalam bentuk Road show pemberdayaan keluarga. Road show ini menjadi model pelaksanaan dan perkuatan yang dikoordinasikan oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta dalam memfasilitasi, penyatuan potensi dan kemampuan yang dimiliki SKPD Pemprov DKI Jakarta serta seluruh elemen masyarakat dalam menggarap sasaran yang fokus dengan target kinerja terukur.

Road show pemberdayaan keluarga mempunyai maksud menyatukan potensi dan kemampuan yang dimiliki dalam rangka meningkatkan kepedulian dan peran serta para tokoh, keluarga dan masyarakat dalam penyelesaian masalah sosial yang dihadapi, dengan tujuan;

  1. Meningkatkan advokasi dan KIE kepada para pihak agar mau terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.
  2. Meningkatkan kualitas informasi dan komunikasi antara pemangku kepentingan dengan masyarakat.
  3. Meningkatkan akses, kualitas dan fasilitas pelayanan kemasyarakatan, sehingga cepat dan mudah dimanfaatkan.
  4. Mempercepat terselenggaranya proses pemberdayaan keluarga dan masyarakat.
Hasil yang diharapkan
  1. Meningkatkan kepedulian dan peran serta pimpinan lembaga kemasyarakatan dan para tokoh dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan keluarga.
  2. Meningkatkan kualitas informasi dan pemahaman pemangku kepentingan dalam kerangka upaya intervensi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.
  3. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat terhadap upaya pembangunan yang dilakukan dalam pencapaian visi Pemprov DKI Jakarta.
Road show pemberdayaan keluarga juga dimaksudkan untuk memberikan  akses seluas-luasnya kepada keluarga untuk mendapatkan informasi, pelayanan dan paket bantuan stimulan serta memberikan kesempatan bagi anggota masyarakat berpatisipasi dengan sektor terkait menyelesaikan berbagai perroalan yang dihadapi keluarga dan peningkatan kualitas fisik dan non fisik lingkungan.
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 21.25. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Langkah Konkret Intervensi RW Binaan

Tinggalkan Komentar

Pulau Seribu
ambulance
AMBULANCE

2010 Kang Lintas. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Daerah